3 days ago, Posted by: uhaba02

Dunia Crypto dalam Pandangan Islam

Investasi cryptocurrency terus menjadi gempar di Indonesia, spesialnya buat generasi milenial. Banyak yang memandang kemampuan keuntungan yang besar dari koin digital ini. Tetapi, tanpa terdapatnya uraian yang lumayan dalam berinvestasi, banyak pula yang sudah merasakan kerugian.

Pemikiran awal, cryptocurrency itu tidak shariah compliance. Bersumber pada fatwa serta pemikiran bermacam akademisi Muslim serta pakar keuangan serta perbankan syariah yang melarang cryptocurrency, dalam perihal ini bitcoin( sebab yang sangat terkenal), ada sebagian alibi pelarangan tersebut:

-Cryptocurrency tidak mempunyai landasan hukum beroperasi( sah tender).

-Pihak yang menghasilkan cryptocurrency tidak diketahui/ dikenal( tidak jelas).

-Cryptocurrency tidak mempunyai kekuatan otoritas/ pemerintah yang mendukungnya.

-Pergerakan harga cryptocurrency sangat berfluktuatif sehingga nampak highly speculative, tidak normal, tidak terpercaya( untrustworthy serta unreliable).

Cryptocurrency bisa dengan gampang menghasilkan mudarat baru semacam digunakan selaku pencucian duit( money laundering) serta kegiatan ilegal yang lain. Cryptocurrency tidak di back- up oleh peninggalan apapun, jadi sebagian berkomentar semacam itu dibangun dari suatu yang tidak terdapat( it is created out of nothing).

Resiko yang dapat di- manage serta terdapat resiko yang tidak bisa di- manage( excessive risk). Excessive risk itu sama dengan judi. Resiko menjajaki keuntungan, high risk high return.

Tidak hanya itu, buat menambang bitcoin, menghabiskan tenaga yang sangat besar. Perihal ini hendak mengganggu area serta tidak hendak sustainable( berkepanjangan) di masa depan.

Dalam pemikiran kedua, Cryptocurrency dibolehkan( permissible) dengan mengutip sesuatu kalimat hukum populer:" everything is permissible unless we found it clearly contradictory to shariah principles".

Bermacam riset salah satunya dicoba oleh Muhammad Abu- Bakar dari Blossom Finance berfokus pada Bitcoin serta cryptocurrency yang lain melaporkan kesesuaiannya dengan definisi duit dalam hukum syariah. Riset ini merekomendasikan kalau bitcoin merupakan shari’ ah compliance.

Oleh sebab itu, untuk yang mau senantiasa berinvestasi di crypto, dia menganjurkan supaya menekuni dengan baik metode berinvestasi digital tersebut serta kenali profil resiko.

https://www.unair.ac.id


Post Views: 6


Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved