FH UNAIR Holds Colloquium & Postgraduate Workshop with the Theme “Business and Human Rights in Asia Pacific”

Humas (03/10/2024) | Untuk meningkatkan kualitas pemahaman hukum, FH UNAIR menyelenggarakan Colloquium & Postgraduate Workshop dengan tema “Business and Human Right in Asia Pacific”. Colloquium yang diselenggakan pada 1-2 Oktober 2024, bekerjasama dengan Universitas Atma Jaya dan Friedrich-Alexander-Universitat (FAU) Erlangen-Nurnberg, Jerman.

Rangkaian acara ini, diawali sesi diskusi pembuka oleh Prof. Markus Krajewski dari FAU dan Indriaswati Dyah Saptaningrum, Ph.D dari Universitas Atma Jaya. dengan ditutup sesi tanya jawab oleh peserta. Lebih lanjut acara dilakukan pada masing-masing chamber, dengan menampilkan paper hasil penelitian dari peserta, yang mana chamber dibagi menjadi “Global Chain & Digitalization” dan “Climate Change & Sustainability”.

colloqium2

Erlisa Akhlakul Karimah, S.H., M.Kn, dalam sambutannya menyebutkan bahwa melalui colloqium ini dapat menjadi pengalaman yang berharga. Tujuan utamanya yakni mengeksplorasi titik temu antara bisnis dan hak asasi manusia serta menjadi cara dalam menciptakan dampak positif melalui praktik yang bertanggung jawab.

“Tantangan global yang semakin kompleks, menjadikan sisi akademisi untuk mengkaji lebih dalam untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, khusus pada wilayah Asia Pacific. Melalui kegiatan ini harapannya dapat menghasilkan pemikiran yang luar biasa untuk menentukan langkah kedepan menuju pembangunan dunia yang lebih adil dan berkelanjutan,” ucap Erlisa.
Tidak lupa, Iman Prihandono, Ph.D selaku dekan FH UNAIR menyambut hangat para pemateri serta peserta yang mengikuti rangkaian colloquium. Antusiasme para peserta, menjadi semangat tersendiri untuk mampu memberikan hasil yang mampu memberikan perubahan pada bidang bisnis dan hak asasi manusia.

Baca Juga : Penggelaran Wisuda Fakultas Hukum Universitas Airlangga Periode September 2024

“Melalui colloquium dan workshop kali ini, menunjukkan bukti komitmen FH UNAIR untuk berkontribusi memberikan hasil dalam menanggapi berbagai permasalahan hukum pada bidang bisnis dan hak asasi manusia, khususnya di wilayah Asia Pacific. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu dasar hukum menciptakan upaya peningkatan bisnis dan hak asasi manusia,” ungkap Dekan FH UNAIR.

Penulis : M. Akmal Syawal
Editor: Masitoh Indriani

source
https://unair.ac.id