Kenaikan Harga Beras: Ancaman Ketahanan Pangan dan Dampaknya terhadap Masyarakat

Harga beras, bahan pangan pokok di Indonesia, mengalami kenaikan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per 14 November 2023 menunjukkan bahwa harga beras medium di tingkat nasional mencapai Rp 11.450 per kilogram, naik 4,27% dibandingkan bulan sebelumnya.

Kenaikan harga beras ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran masyarakat, terutama bagi kelompok ekonomi menengah ke bawah. Beras merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindari, sehingga kenaikan harga ini dapat berdampak besar pada pengeluaran rumah tangga.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga (Unair) menunjukkan bahwa kenaikan harga beras ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Bencana alam: Banjir dan kekeringan yang melanda beberapa daerah sentra produksi beras di Indonesia telah menyebabkan penurunan produksi padi.
  • Harga pupuk dan pestisida: Kenaikan harga pupuk dan pestisida telah meningkatkan biaya produksi padi, sehingga mendorong kenaikan harga beras.
  • Permintaan yang tinggi: Permintaan beras yang tinggi menjelang akhir tahun dan Hari Raya Besar Keagamaan Nasional (HBKN) juga turut mendorong kenaikan harga.

Dampak Kenaikan Harga Beras

Kenaikan harga beras dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, antara lain:

  • Meningkatkan inflasi: Kenaikan harga beras dapat mendorong inflasi, yang pada akhirnya akan menurunkan daya beli masyarakat.
  • Meningkatnya kemiskinan: Kenaikan harga beras dapat meningkatkan angka kemiskinan, terutama bagi kelompok masyarakat yang memiliki pendapatan rendah.
  • Ketidakstabilan sosial: Kenaikan harga beras yang berkepanjangan dapat menimbulkan keresahan dan ketidakstabilan sosial.

Upaya Pemerintah

Pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kenaikan harga beras, antara lain:

  • Operasi pasar: Pemerintah melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga beras di pasaran.
  • Bantuan sosial: Pemerintah memberikan bantuan sosial kepada masyarakat miskin dan rentan untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan pangan.
  • Meningkatkan produksi padi:┬áPemerintah berupaya meningkatkan produksi padi dengan memberikan bantuan kepada petani dan meningkatkan infrastruktur pertanian.

Kenaikan harga beras merupakan masalah yang kompleks dan membutuhkan solusi yang komprehensif. Pemerintah perlu terus melakukan upaya untuk mengatasi masalah ini, agar tidak berdampak buruk pada ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Website Referensi